Friday, May 31, 2013

Maneki Neko, si Pembawa Keberuntungan

Hey Michan comeback! Hari ini seperti janji Michan, Michan mau nge-post tentang Maneki Neko. Semoga bermanfaat! ^^


Maneki Neko artinya kucing pemanggil atau kucing keberuntungan. Dalam bahasa Inggris Maneki Neko disebut Lucky Cat. Maneki Neko selalu mengangkat salah satu ataupun kedua kakinya.Menurut kepercayaan, jika Maneki Neko mengangkat kaki kirinya maka artinya adalah untuk memanggil pelanggan. Sedangkan, jika kaki kanan yang terangkat maka artinya adalah memanggil kemakmuran dan keberuntungan. Selain itu, semakin tinggi kaki itu terangkat maka semakin besarlah keberuntungan dan kemakmuran yang didapat.


Ada berbagai legenda yang menceritakan asal usul Maneki Neko. Salah satunya adalah kisah seekor kucing bernama Tama pada zaman Edo di kuil Gotokuji di Setagaya, Tokyo bagian Barat. Kuil tersebut adalah kuil yang miskin. Pendeta kuil tersebut mengeluh pada Tama, kucing kesayangannya tentang kemiskinan yang melanda kuil tersebut. Akhirnya suatu hari, seorang penguasa dari daerah Hikone, Tokyo bagian Timur, yang bernama Naotaka Li pergi berburu. Tiba-tiba didalam perjalanan pulang hujan mengguyur dengan lebatnya. Naotaka Li lalu berteduh dibawah pohon besar yang tak jauh dari gerbang kuil. Tama sang kucing melambaikan tangannya dari gerbang kuil seakan memanggil-manggil Naotaka Li untuk berteduh di gerbang kuil. Tidak berapa lama setelah Naotaka Li berteduh di Gerang kuil, pohon besar tempat ia berteduh sebelumnya tersambar petir. Nyawa Naotaka terselamatkan berkat Tama. Setelah kejadian tersebut, Naotaka Li dan keluarganya menunjuk kuil tersebut sebagai kuil keluarga. Nama kuil tersebut pun diubah menjadi Gutokuji. Kuil tersebut menjadi kuil yang makmur dan tentram. Seiring waktu, akhirnya Tama meninggal dunia dan dikuburkan di perkuburan kucing di kuil Gutokuji tersebut. Untung mengenang Tama maka dibuatlah Mneki Neko.


Bentuk Maneki Neko dari kuil Gutokuji 
yang dibuat untuk mengenang Tama

Sekarang Maneki Neko ada yng dibuat dengan warna putih dengan bulat-bualatan hitam dan oranye. Ataupun warna yang lainnya seperti pink, emas, hitam, dll. Warna emas dipercaya sebagai warna keberuntungan. Melainkan warna pink berarti cinta dan kasih sayang. Serta warna putih denagn bulatan hitam dan oranye melambangkan kucing tiga warna atau yang disebut Mi-ke. Mi-ke dipercaya dapat membawa banyak keberuntungan. Sekarang Maneki Neko juga sudah dibuat dengan menggunakan berbagai aksesoris misalnya membawa kipas, mengenakan scraf atau mengenakan Kimono.


Bahkan sekarang juaga sudah ada Maneki Neko yang kainya benar-benar bisa melambai-lambai seperti Tama. Tentu saja dengan tenaga baterai dan surya.


Karena bentuknya yang cantik, Maneki Neko juga dibuat sebagai aksesoris misalnya:
Tablet Pc Case

Cermin

Liontin

Gantungan Hp

Kalalu yang ini Maneki Neko punya Michan. Maneki Neko kamu seperti apa? ^^


0 comments:

Post a Comment