Monday, May 13, 2013

Tips Menulis FanFiction Ala Michan

Hari ini Michan mau ngasih tips-tips nulis FanFiction ala Michan loh! Ini yang biasanya michan lakukan kalau mau dan lagi nulis FanFiction. Kalian pasti bisa, asalkan engga copas karya orang lain! ^^


1~ Inspirasi
Sebelum membuat FanFiction kamu pastinya harus punya ide ceritanya dulu. Kamu bisa mendapat inspirasi dari membaca FanFiction orang lain, Cerpen, Novel, dengerin musik, dan nonton Film. Michan biasanya begitu. Tapi bukan berarti Copas loh ya!

2~ Tulis Idemu
Nah, kalau udah mendapatkan ide ceritanya. Kamu lebih baik cepat-cepat tulis supaya engga lupa.Kamu engga harus nulis langsung di laptopmu. Kamu bisa tulis dulu di kertas atau mungkin diarimu. Asalkan kamu sudah catat idemu itu. tulis inti-intinya aja ya. Nanti pas kamu nulis FanFiction nya barulah kamu tinggal mengembangkan dari inti-inti itu dan membuatnya makin seru.

3~ Judul
Judul bisa kamu tentukan sesudah ataupun sebelum medapat gambaran cerita. Tapi kalau Michan sendiri sih lebih suka menentukan judul kalau udah punya gambaran ceritanya. Karena tinggal pilih kata-kata yang sesuai dengan isi FanFiction. Judul FanFiction engga mesti bahasa Inggris, Korea, ataupun bahasa asing lainnya kok. Kamu juga bisa menggunakan bahasa Indonesia.

4~ Genre
Bagi yang belum tau apa itu Genre, Genre adalah jenis cerita. Misalnya Horror, Comedy, Sad, Adventure, Romance, Friendship, dll. Nah untuk genre kamu bisa tentukan sebelum mencari inspirasi maupun mengikuti apa yang sudah ada dipikiranmu.

5~ Cast
Peranan Cast dalam FanFiction sangatlah penting.Cast adalah tokoh-tokoh dalam FanFiction. Wataknya bisa kamu sesuaikan dengan ceritanya kok. Cast yang digunakan oleh para Author biasanya adalah idola mereka.

6~ Rating
Rating menurut sebagian orang engga begitu penting dalam FanFiction. Tapi menurut Michan Rating itu penting peranannya dalam sebuah FanFiction walaupun engga mempengaruhi cerita dari FanFiction tersebut. Pentingnya, karena terkadang dalam FanFiction ada kata-kata dan adegan yang engga cocok untuk dibaca oleh umur-umur tertentu. Apalagi dalam FanFiction bergenre Romance dan Horror.

7~ Disclaimer
Disclaimer adalah peringatan dalam sebuah FanFiction. Peringatan itu bisa berupa peringatan bahwa plot cerita bukan buatan kita, ataupun yang lainnya.

8~ Poster
Poster adalah gambar yang biasanya disematkan oleh Author dalam sebuah FanFiction. Biasanya gambar pada poster adalah foto idola yang menjadi Cast dalam FanFiction yang diedit oleh Author.

9~ Konflik
Ini dia yang seru dalam FanFiction! Konflik adalah masalah dalam sebuah FanFiction yang harus diselesaikan oleh para Cast. Hasilnya bisa berhasil ataupun gagal sesuai dengan jalan ceritanya. Semuanya terserah si Author.

10~ Ending
Ending ada dua macam yaitu Happy Ending dan Sad Ending. Biasanya dalam FanFiction bergenre Sad Endingnya adalah Sad Ending.

0 comments:

Post a Comment