Monday, April 22, 2013

Manisnya Wagashi yang Cantik

Tengok yang manis-manis dan cantik yuk! ^^


Wagashi berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Camilan manis ini biasanya dihidangkan bersama Ocha. Ocha punya rasa agak pahit dan sepat sehingga cocok dinikmati bersama Wagashi yang punya rasa manis. Bukan hnya manis tapi wagashi juga harus cantik. Tampilan, bentuk, dan warna junga sangat penting untuk kue manis ini. Kue ini kira-kira mirip dengan kue basah dari Indonesia.Gambaran empat musim tertuang dalam Wagashi bentuk Bunga Sakura. Wagashi tersebut dinamakan Sakura Mochi, yang terdapat hanya pada musim semi saja. Saat musim panas, Wagashi bentuk agar-agar dengan Kacang Adzuji yang lembut disebut Mizu Yokan. Musim gugur, Wagashi dinamakan Namagashi (kue manis yang tidak dipanggang), salah satunya berbentuk seperti buah kesemek matang. Sementara  untuk musim dingin, Wagashi dinamakan Higashi (sebuah permen kering yang seperti salju). Wagashi juga tidak selalu sesuai dengan gambaran empat musim di Jepang.


Beberapa contoh Wagashi adalah:

1~ Mochi (Terbuat dari tepung beras)

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Ia memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket.

2~ Dango (Sejenis Moci kecil yang ditusuk seperti sate)

Dango adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.

3~ Yokan (Terbuat dari kacang merah dan agar-agar)

Yokan terbuat dari pasta kacang merah, agar-agar, dan gula yang dibekukan. Hal ini biasanya dijual dalam bentuk blok, dan dimakan dengan cara di iris. Ada dua jenis utama: neri Yokan dan mizu Yokan. "Mizu" berarti "air", dan menunjukkan bahwa itu dibuat dengan lebih banyak air dari biasanya. Mizu Yokan sering dingin dan dimakan di musim panas.


1 comments:

Unknown said...

Halo Michan, kenalkan saya Ayu. Kebetulan saya tertarik untuk membuat acara yang menampilkan wagashi sebagai salah satu objeknya. Kamu tahu restoran atau tempat yang menjual wagashi di Jakarta? Terima kasih

Post a Comment